Kamis, 13 Mei 2010

Ratusan Karyawan Duduki Pabrik Mitra Ogan I

BATURAJA – Tak kurang 150 karyawan harian lepas menggelar aksi demonstrasi dan menduduki pabrik Crude Palm Oil (CPO) PTP Mitra Ogan I, yang berlokasi di Kecamatan Lubuk Batang, Ogan Komering Ulu (OKU),kemarin.

Sebagai dampak dari aksi para pekerja yang mengakibatkan tak beroperasinya pabrik, BUMN yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit ini merugi Rp3,5 miliar. Koordinator lapangan (Korlap) Sakirin mengaku aksi massa kemarin untuk mendesak agar perusahaan mengangkat puluhan karyawan lepas ini menjadi karyawan tetap.

Pantauan di lapangan, sekitar pukul 11.00 WIB, massa berangsur membubarkan diri dari pabrik CPO Mitra Ogan I di Desa Karangdapo, Lubukbatang, OKU dengan pengawalan ketat polisi. Namun, meski bergerak meninggalkan pabrik CPO Mitra Ogan I di Desa Karangdapo, massa yang tersisa sekitar 100 orang ini, bergerak menuju Pabrik CPO Mitra Ogan II di Desa Bindu,Kecamatan Peninjauan, OKUyangberjaraksekitar6kilometer dari pabrik I.

Di pabrik II ini, massa langsung menduduki pabrik, dan duduk –duduk didalam pabrik, yang mengakibatkan pabrik CPO II, ini juga tidak bisa beroperasi. Tiga ADM PTP Mitra Ogan masing- masing ADM PPL Daryono, ADM RL Wahyu Saksi P dan ADM PIN Sudarsono menjelaskan, saat ini karyawan PTP Mitra Ogan sudah over load. Saat ini tercatat 1.300 pekerja tetap, sedangkan idealnya hanya sekitar 800 karyawan tetap.

”Dalam waktu dekat ini belum memungkinkan ada rekrutmen (pengangkatan dari karyawan lepas menjadi karyawan tetap),”kata Daryono. Kapolres OKU AKBP Budi Indera Dermawan menyatakan,ia memerintahkan aparat di lapangan yang melakukan pengamanan,agar dapat menahan diri, dan menghindari terpancing aksi anarkis.

2 komentar:

BERITA BARU mengatakan...

Mantap Man

Unknown mengatakan...

siiip informasinya , sangat bagus..

 
Powered by Blogger