Minggu, 06 Juni 2010

Rekor Pilkada, Cabup OKU Raih 95 % Suara

OKU - Rekor nasional peraih suara terbanyak Pilkada terpecahkan. Dalam Pilkada Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur (OKUT) Provinsi Sumatera Selatan yang digelar Sabtu kemarin. Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Herman Deru dan Cholid Mawardi (HDC) menang mutlak dengan meraih suara dukungan sekitar 94,86 persen.

Sebelumnya,rekor nasional diraih Bupati Banjar dengan raihan suara sekitar 91 persen pada Pilkada 2010. Persentase besar juga diraup pasangan Jokowi–Rudy pada Pilkada Surakarta, Jawa Tengah. Pasangan yang diusung PDIP ini meraup hampir 90 persen suara. Begitu juga dengan Bupati Jembrana I Gede Winasa dan pasangannya I Gusti Putu Arta. Mereka meraup 88,56 persen.

Hasil perhitungan real count Tim Pemenangan HDC menunjukkan pasangan nomor urut 1 yang diusung Partai Demokrat, Golkar, PDIP, dan sejumlah partai berbasis Islam ini mengungguli saingannya pasangan nomor urut 2 H Marsyal Rustam- Rustaman. Pasangan HDC yang merupakan bupati incumbent ini unggul merata di atas 95 persen

di 20 kecamatan yang tersebar di OKUT.

Data KPUD OKUT, tercatat daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 439.257 jiwa yang tersebar di 1363 TPS yang tersebar di 288 desa. “Real count sudah selesai kami lakukan. Suara masuk sudah 100 persen yang menunjukkan perolehan suara HDC sebanyak 373. 727 suara dari 394.952 suara sah atau mencapai 94,86%. Kami yakin hasil perhitungan real count kami ini tidak akan berselisih dengan hasil penghitungan resmi KPUD,” ungkap Ketua Tim Pemenangan HDC,Joko Suprianto, kepada pers di Belitang.

Joko mengungkapkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilukada OKUT dinilai cukup tinggi. Dari hasil perhitungan suara sementara yang diterima Tim Sukses dan Kemenangan HDC tingkat partisipasi masyarakat mencapai 90,12 persen hingga suara masuk pada pukul 21.00 WIB tadi malam. Ketua KPUD OKUT Leo Budi Rahmadi menuturkan, dari hasil pantauan dan laporan dari berbagai KPPS yang diterima Media Centre KPUD memang pasangan nomor urut 1 HDC menang mutlak.

Hingga tadi malam dari sekitar 70 suara suara yang masuk pasangan HDC meraih angka 94,90 persen atau 265.799 suara,se dangkan pasangan nomor 2 hanya memperoleh 14.273 suara atau 5,10 persen. Namun, ini masih hasil sementara, sedangkan hasil resmi masih ditunggu perhitungannya hingga 12 hari ke depan. Suara yang masuk untuk sementara hingga pukul 18.30 WIB telah mencapai 86,50% atau 1.174 TPS dari total 1.363 TPS yang tersebar di 20 kecamatan PPK yang ada di OKUT.

“Tingkat partisipasi masyarakat juga sangat tinggi,yakni mencapai sekitar 90 persen” ujarnya. Menanggapi kemenangan spektakuler tersebut, Herman Deru didampingi isterinya, Hj Febrita Lustia, yang ditemui wartawan di kediamannya mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat OKUT yang telah kembali memberikan kepercayaan kepada pasangan HDC untuk memimpin OKUT lima tahun ke depan.

“Hal yang membuat saya bangga adalah Pilkada OKU Timur ini berjalan dengan damai dan tertib.Saya juga sangat bahagia melihat tingkat partisipasi masyarakat mengikuti Pilkada yang mencapai lebih 90 persen. Ini menunjukkan begitu antusiasnya masyarakat,“ pungkas Deru.

0 komentar:

 
Powered by Blogger