Selasa, 27 April 2010

PENUMUMAN LULUS & TIDAK LULUS UN

http://berita.liputan6.com/sosbud/201004/274459/Tidak.Lulus.UN.Siswa.SMA.Pingsan

Liputan6.com, Tegal:
Kesedihan dan isak tangis ratusan siswa SMA Negeri 02 Kota Tegal, Jawa Tengah, tak terbendung saat kelulusan ujian nasional diumumkan. Para siswa yang tidak lulus berteriak-teriak dan menangis histeris seperti orang kesurupan, Selasa (27/4).
Kekecewaan juga diluapkan para siswa SMA Negeri 1 Mamuju, Sulawesi Barat, yang tidak lulus ujian nasional. Sejumlah siswa pingsan begitu mengetahui tidak lulus.

Isak tangis juga mewarnai pengumuman ujian nasional di Sekolah Pendidikan Pertanian, Tanjung Sari, Sumedang, Jawa Barat. Ujian nasional baru pertama dilaksanakan di sekolah, setelah sebelumnya mengikuti kurikulum dari Kemetrian Pertanian, yang mengutamakan praktik. Tak heran banyak siswa yang tidak lulus ujian.
Data Kemendiknas menyebutkan, provinsi dengan presentase kelulusan terbanyak, yaitu 97,18 persen diraih Bali. Disusul Jawa Barat 97,03 persen, Jawa Timur 96,69 persen, dan Sumatra Utara 95,85 persen.
Untuk provinsi dengan tingkat kelulusan terendah, Nusa Tenggara Timur, kembali menduduki peringkat pertama di angka 52,08 persen. Setelah itu, Gorontalo 46,22 persen, Kalimantan Tengah 39,39 persen, Kalimantan Timur 30,53 persen, dan Daerah Istimewa Yogyakarta 23,7 persen
Sementara di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, para siswa SMA sederajat dan kejuruan juga menerima hasil pengumuman UN. Bagi siswa yang dinyatakan lulus, pelukan, tangis, serta tawa bahagia mewarnai suasana pengumuman. Sedangkan bagi siswa yang tidak lulus, tangisan dan air mata menjadi satu.

Di Palangkaraya, tinggkat kelulusan terendah terdapat di SMAN 3, dari 270 siswa peserta ujian, hanya 60 siswa yang dinyatakan lulus. Sedangkan yang tingkat kelulusannya tinggi ada di SMK 3 Palangkaraya, dari 108 siswa peserta ujian hanya tiga orang yang tidak lulus. Mereka masih ada kesempatan untuk mengikuti UN ulang pada 10 Mei mendatang.
Secara umum, angka kelulusan UN SMA dan SMK di Kalteng menurun tajam. Pada tahun lalu kelulusan mencapai 96 persen, sedangkan tahun ini hanya 62 persen.(ADO)
Ujian nasional ulangan untuk tingkat SMA akan berlangsung tangal 10 hinga 14 Mei mendatang. Untuk tingkat SMP ujian ulangan akan dilakukan pada 17 hinga 20 Mei 2010.(IDS/SHA)

1 komentar:

BERITA BARU mengatakan...

bagaimana yang tidak lulus apakah akan mengikuti ujian kembali sebagai susulan...?

 
Powered by Blogger